Perbedaan Majas Metafora dan Alegori

Banyak yang bertanya, mengenai apa saja perbedaan antara dua majas yaitu majas metafora dan alegori. Maka dari itu saya akan bahas dengan lengkap dari perbedaan dan macam-macam contoh majas metafora dan alegori tersebut.

Kenapa, karena itulah masalah yang sering ditanyakan oleh teman-teman ketika membahas secara penuh majas metafora dan alegori.

Majas Metafora

Karena itu, di halaman ini kita hanya akan fokus pada pembahasan perbedaan majas metafora dan alegori saja. Nantinya kita juga akan membahas contohnya agar kita mengerti lebih banyak mengenai dua majas ini.

Perbedaan Metafora dan Allegori

Untuk mengetahui perbedaannya, maka kita harus memahami pemahaman tentang majas metafora dan majas alegori terlebih dahulu. Setelan majas metaforis adalah majas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang bilang ini ratu kata, kenapa? karena jurusan kata ini bisa dan banyak diturunkan.

A. Metafora Utama

Metafora utama adalah pembahasan yang dibuat dengan menggunakan kata-kata yang secara teks berarti selain yang dimaksudkan tapi dibandingkan, sehingga mewakili apa yang dimaksud, misalnya, “api” disebut “ayam jantan merah”.

Contoh majas metafora dalam sebuah kata kalimat

  1. Tentara Jepang sudah mati kutu habis-habisan setelah diserang tentara Indonesia (artinya: kutu mati tidak dapat bergerak)
  2. Apakah kamu tahu Rumah Ida tadi malam dimakan oleh ayam jantan merah (artinya: rumahnya terbakar api)
  3. Tono adalah bintang sekolah, bintang kelas (artinya: Tono adalah anak yang berprestasi)
  4. Karena ia sangat rajin membaca buku, anak tersebut diberi julukan kutu buku (artinya: kutu buku adalah orang yang cinta membaca buku)
  5. Dian adalah bunga desa di daerah kami (artinya: Dian adalah wanita tercantik di daerahnya)
  6. Marilah kita mengajarkan kerendahan hati kepada anak-anak kita (pepatah: rendah hati tidak sombong)
    Kita harus toleran dalam menghadapi bencana ini (yaitu kesabaran untuk bersabar)
  7. Segera raja siang akan lenyap (artinya, raja hari ini adalah matahari)
  8. Sebagai generasi bangsa kita harus memiliki pikiran yang luas (artinya: akal luas adalah wawasan bagi bangsa)
    Bisakah dia menjadi tulang rusukku (yaitu: tulang rusuk adalah pasangannya)
  9. Sayang sekali melihat kehidupan nelayan tradisional, mereka banyak yang terjebak rayuan pinjaman lintah (artinya: banyak nelayan tradisional berhutang kepada rentenir)
  10. Anak-anak kita adalah tunas bangsa yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik (artinya: tunas bangsa adalah generasi penerus bangsa)
  11. Hati ini sudah mati rasa karena selalu melihat perilaku buruk Anda (artinya: mati rasa sudah tidak merasakan perasaan yang disebabkan oleh kekecewaan yang sangat besar)

Contoh Macam-Macam Majas Metafora 

Kupu-kupu, tuna rungu (tidak dapat mendengar karena cacat), bunga nasional (generasi terbaik bangsa), raja hutan (singa), dewi malam (moon), tulang punggung keluarga (sumber kesalahan), hitam kepala kucing (pencuri).

Hati hatiku (yang dicintai), anak emas (anak tercinta), hati yang bersih (hati yang terbebaskan) dari penyakit hati seperti sombong, riya ‘, syirik dll), kepala batu (keras kepala), bermain hati (mempermainkan perasaan orang lain) dan sebagainya.

B. Mayor Alegori

Alegori utama adalah metafora dalam sebuah cerita untuk menyampaikan sesuatu atau menjelaskan sesuatu. Jadi alegori master terdiri dari serangkaian kalimat gaya bahasa yang menjelaskan sesuatu seperti nilai hidup, gagasan, cita-cita, kebijaksanaan, dll. Jenis ini sering digunakan oleh penulis.

Contoh Majas Alegori

Hidup kita di dunia ini seperti seorang musafir yang melakukan perjalanan panjang. Terkadang kita akan menemukan jalan yang lurus dan bahkan sering menemukan cara yang berliku-liku.

Ada juga jalan bercabang yang memaksa kita untuk tetap diam meski ragu. Mungkin saat ini kita tinggal di jalan yang datar, tapi mungkin besok kita terpaksa berjalan di jalan setapak yang menanjak tajam. Nah … itu hidup.

Demikian tadi bagaimana Anda memahami perbedaan majas metafora dan alegori ini? Jika Anda ingin menyampaikan afiliasi, Anda bisa menuliskannya di bawah ini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: